Kamis, 21 April 2011

Pelatihan Fotografi Gratis di Mall

Bila suatu ketika Anda mampir ke Depok Town Square dan melihat beberapa fotografer berlalu lalang dengan kamera dan peralatan lainnya, maka janganlah heran. Fotografer-fotografer tersebut mungkin sedang mengikuti pelatihan fotografi gratis di Mall, yang digagas oleh Yayasan Bina Kreatifitas Anak Bangsa (BKAB) bekerja sama dengan Indonesia Photographer Organization (IPO). Pelatihan tersebut berlangsung setiap Senin dan Kamis, dan Bertempat di Taman Bacaan Masyarakat (TBM@Mall) di Detos Mall.

Pelatihan fotografi gratis in,i mendapat support secara langsung dari Diknas. Bahkan seluruh peserta yang mampu mengikuti pelatihan ini secara kontinyu, juga mengikuti segala prosedur kurikulum akan mendapat sebuah sertifikat dari Diknas. Yayasan BKAB yang bertanggung jawab mengelola TBM@Mall dan Balai Belajar Bersama Detos, menggandeng IPO untuk memberikan pelatihan tersebut.

Para pengajar pelatihan tersebut terdiri dari tiga fotografer yang telah memiliki nama besar, dan telah cukup lama malang melintang di dunia fotografi. Mereka adalah fotografer kawakan yang tergabung ke dalam IPO, seperti Krisna Satmoko (Cheese), Tigor Lubis dan Triyudha Ratulangi. IPO sendiri adalah sebuah komunitas fotografer dan pecinta fotografi, yang dikelola secara online.

Penanggung jawab program pelatihan fotografi gratis, yang juga ketua yayasan BKAB, Radian R Sugandi, menuturkan bahwa, sampai sejauh ini antusiasme para peserta pelatihan tersebut sangat besar. Sebagian besar siswa pelatihan terdiri dari mahasiswa, pegawai swasta dan fotografer amatir yang di Kota Depok yang tergabung ke dalam Kaskus Depok Photography. Namun banyak juga diantara mereka yang memang benar-benar baru mengenal fotografi.

Peserta yang mengikuti pelatihan terlebih dahulu mengkuti kelas dasar, sebelum beranjak ke kelas intermediet. Jumlah peserta tiap kelasnya berjumlah antara 50 hingga 70 orang.

*Sumber : CHIP FOTO VIDEO digital, edisi 04/2011

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar